PT Galih Cipta Wisesa memproduksi BASKUMA PRO dan KLEENOXIDE yang keduanya telah divalidasi memenuhi standar praktis Industri Farmasi.
Standar praktis industri farmasi adalah serangkaian pedoman dan prosedur yang dikembangkan oleh organisasi-organisasi industri, otoritas regulasi, dan badan-badan lainnya untuk memastikan bahwa praktik dan kegiatan di industri farmasi dilakukan dengan kualitas, keamanan, dan kepatuhan yang tinggi. Standar ini dirancang untuk memastikan bahwa obat-obatan dan produk farmasi lainnya diproduksi, dikemas, dan didistribusikan dengan cara yang memenuhi persyaratan hukum, etika, dan kualitas yang ketat.
Standar praktis industri farmasi mencakup berbagai aspek, termasuk:
Good Manufacturing Practice (GMP)
Seperangkat pedoman yang ditetapkan oleh badan regulasi seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk memastikan bahwa obat-obatan diproduksi dengan kualitas yang konsisten, aman, dan efektif. GMP mencakup proses produksi, pengendalian kualitas, dokumentasi, validasi, pemeliharaan fasilitas, dan pelatihan karyawan.
Good Laboratory Practice (GLP)
Pedoman yang mengatur praktik laboratorium dalam uji coba dan penelitian untuk memastikan validitas, keandalan, dan integritas data yang dihasilkan. GLP mencakup pedoman untuk pengelolaan bahan kimia, peralatan, dokumentasi, pengujian, kalibrasi, dan pelaporan hasil.
Good Clinical Practice (GCP)
Standar yang mengatur pelaksanaan penelitian klinis pada manusia. GCP memastikan bahwa penelitian klinis dilakukan dengan etika, keamanan, dan integritas yang tinggi. Standar ini meliputi desain studi, seleksi peserta, pelaksanaan studi, pemantauan, dokumentasi, pelaporan, dan audit.
Good Distribution Practice (GDP)
Standar yang mengatur distribusi produk farmasi dari pabrik ke konsumen akhir. Mencakup pengendalian kualitas dalam penyimpanan, pengemasan, transportasi, dan penanganan produk farmasi untuk memastikan integritas, keamanan, dan efektivitasnya.
Selain standar tersebut, ada juga standar lain seperti Good Pharmacovigilance Practice (GVP) yang mengatur pelaporan dan pemantauan keamanan produk farmasi setelah diluncurkan ke pasar, dan Good Documentation Practice (GDocP) yang mengatur dokumentasi yang akurat, lengkap, dan terkini dalam industri farmasi.
Standar praktis industri farmasi bertujuan untuk melindungi kepentingan konsumen, memastikan kualitas produk, dan memenuhi persyaratan regulasi yang ketat dalam industri ini.
Informasi lebih lanjut, www.galihciptawisesa.com atau wa.me/+6287773364881

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *