Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai pentingnya pengujian endotoksin bakteri menggunakan beberapa metode. Manfaat lain dari pengujian endotoxin yaitu untuk Depirogenasi menggunakan endotoxin indicator.

Depirogenasi adalah proses untuk menghilangkan pyrogen. Pyrogen yang paling umum dan sering kali menjadi masalah adalah endotoxin yang berada pada dinding sel luar bakteri gram negative.

Endotoxin indicator adalah larutan endotoksin dengan tingkat aktivitas pirogenik yang digunakan untuk menilai efektivitas proses depirogenasi panas kering dengan menantang produk dalam proses depirogenasi.

Indikator endotoksin dapat berupa botol kaca yang diinokulasi dengan larutan endotoksin atau LPS.

Pada proses depirogenasi panas kering dengan suhu 220-235oC, endotoxin indicator digunakan untuk validasi proses tersebut agar memastikan suatu siklus dapat secara efektif menonaktifkan atau menghancurkan endotoksin.

Berdasarkan US Pharmacopeia, penggunaan endotoksin indicator dimaksudkan untuk menunjukkan pengurangan minimal 3 log setelah depirogenasi dilakukan.

PT Galih Cipta Wisesa bersama Accumedi hadir menyediakan Endotoxin Indicator untuk proses depirogenasi dengan menggunakan Accumedi seri DCV-2000 dan DCV-4000.

Please kindly contact us : 081289185572 (Ibu Vita)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *