Sebenarnya mengapa kita harus melakukan sterilisasi ruangan dengan disinfektan? Alasan utamanya mengamankan sekitar kita agar tidak menjadi sumber penularan virus. Disinfektan akan melumpuhkan dan mematikannya. Dalam keseharian jarang sekali kita pikirkan untuk disinfeksi lingkungan kita beraktivitas, padahal sangat penting dilakukan. Umum dilakukan adalah membersihkannya baik dengan menyapu, pel maupun pengelapan.
Menggunakan disinfektan secara periodik akan membantu menjaga tetap rendah tingkat risiko penyakit di lingkungan kita beraktivitas. Banyak disinfektan yang bisa dipilih.
Sebenarnya apa keunggulan hidrogen peroksida? Mengapa cocok untuk dijadikan cairan akan disinfektan demi bisa sterilkan ruangan tempat Anda beraktivitas?
Hidrogen Peroksida (Hydrogen Peroxide) adalah cairan bening larut air yang masuk ke dalam kategori oksidator kuat. Sebagai sebuah cairan untuk fumigasi, Cairan disinfektan ini memiliki aroma atau bau yang khas. Selain itu, cairan ini juga memiliki sifat oksidatif yang bisa membunuh mikroorganisme hingga spora. Keunggulan lainnya jika dibandingkan dengan zat untuk sterilisasi ruangan lainnya adalah tidak meninggalkan residu atau zat sisa berbahaya.
Mengapa bisa terjadi? Karena akan terurai menjadi H2O dan O2. Itulah yang menjadikan cairan disinfektan ini cocok untuk digunakan sebagai bahan sterilisasi (disinfeksi) ruangan pada masa seperti ini. Namun demikian kita harus berhati-hati dengan H2O2 mengingat bahan ini menyebabkan reaksi iritasi. Kita harus menggunakan sarana pengaman diri yang cukup.
Hidrogen Peroksida juga bisa digunakan untuk membersihkan barang atau peralatan dari kuman. Bisa diterapkan dengan caranya mengelap atau merendamnya. Pada permukaan yang dilap H202, bahan ini akan menyerang mikroorganisme yang berada di permukaannya.
H2O2 dapat pula disemprotkan dan dilap untuk mendisinfeksi dinding, lantai, meuble, gagang pintu serta permukaan yang lainnya. H2O2 yang dipermukaan tsb akan menyerang tidak terkecuali virus yang ada di permukaannya seperti Swine Flu dan SARS yang masih satu keluarga dengan Covid-19. Inilah mengapa Anda sebaiknya mulai menggunakan Hidrogen Peroksida pada hari-hari ke depan untuk sterilisasi ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *