Jumlah kasus penyebaran Covid-19 semakin hari semakin bertambah. Hal ini menjadi pemicu sebagian orang yang masih diwajibkan ke kantor harus ekstra hati-hati dalam berkegiatan. Banyak kantor-kantor yang menerapkan sistem bekerja dari rumah atau lebih dikenal dengan istilah Work From Home. Tapi seperti yang kita tahu, tidak semua kantor bisa menerapkan sistem tersebut. Ada banyak perusahaan yang bergerak di sektor-sektor tertentu masih menerapkan bekerja di kantor. Dengan demikian, para pekerja yang memang masih berkegiatan di kantor harus ekstra hati-hati dan harus dipantau terkait masalah penularan Covid-19 ini. Untuk tetap terjaga dan aman, seluruh pekerja/karyawan haruslah tetap melaksanakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Pada dasarnya, protokol yang ditetapkan oleh pemerintah adalah 3M, yaitu Menjaga jarak, Memakai masker dan Mencuci tangan.

Selain mentaati protokol kesehatan 3M, melakukan swab antigen secara berkala juga sangatlah penting. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sudah sejauh mana penyebaran virus Covid-19 di lingkungan kantor. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah karyawan yang berkegiatan di lingkungan ke kantor ada yang terjangkit Covid-19 atau tidak. Hal ini penting dilakukan juga untuk melindungi dan memberikan rasa aman kepada para karyawan-karyawan yang lain.

Jika pihak kantor sudah mengetahui tentang kondisi karyawannya, bilamana ada yang positif maka pihak kantor bisa dengan mudah menentukan langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh karyawan yang terindikasi positif tersebut. Ada baiknya karyawan tersebut diharuskan untuk segera pulang dan melakukan isolasi mandiri bila tidak bergejala, atau langsung ke rumah sakit terdekat bila memang bergejala, supaya bisa mendapatkan perawatan dari dokter.

 

Penulis : Enrico Immanuel, Alvin Janugraha (2022)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *