Separasi merupakan proses pemisahan dua atau lebih campuran produk yang terpisah dari campuran atau larutan bahan kimia. Separasi dilakukan dengan mengambil keuntungan dari keragaman kondisi campuran secara kimia atau fisik seperti ukuran, bentuk, massa, massa jenis, atau afinitas kimia.  Proses separasi merupakan prosedur yang penting di industri karena banyak material yang harus dipisahkan sebelum mereka dipasarkan. Salah satu metode pemisahan yang dapat dilakukan di industri adalah filtrasi.

Filtrasi merupakan proses pemisahan antara dua substansi dari dua keadaan fisik yang berbeda. Filtrasi digunakan untuk memisahkan padatan dari larutan yang keruh, gas alami atau padatan. Berdasarkan prinsip operasi, Filtrasi dapat dibagi menjadi dua yaitu Dead end Filtration dan Tangential Flow Filtration.

Dead end Filtration merupakan proses filtrasi yang terjadi ketika semua aliran diarahkan melalui membran dengan bahan yang akan menumpuk pada permukaan filter. Ketika partikel menumpuk, kecepatan aliran akan berkurang dan pada akhirnya akan berhenti sama sekali. Sedangkan Tangential Flow Filtration aliran akan diarahkan melalui permukaan membran. Hal ini akan membantu material yang tertahan untuk tidak mengendap di permukaan membran sehingga membantu membran untuk bekerja dalam waktu yang lebih lama.

Dalam melakukan filtrasi terdapat penggunaan membran filter sebagai media pemisahan. Membran filtrasi dapat dibuat dari berbagai jenis polimer dan material inorganik. Polimer yang dapat digunakan seperti cellulose acetate, polyamide, polyether, polycarbonate, polyester, polyethylene, regenerated cellulose, poly vinyl chloride, poly vinylidene fluoride, PVDF, poly tetra fluoro ethylene (PTFE), acrylnitrile copolymers, dan polysulfone. Material inorganik yang dapat digunakan seperti keramik, zirconium oxide, borosilicate glass, stainless steel, dan perak.

 

Sumber:

William, Alston.2022.Separation Process: An Overview.J Bioprocess Biotech 12:500

S.Jagan Nathan ,K.C.Shivanandappa B.Sundran ,K.N.Venkataramana ,K.R.Mani.2008. Filtration Technique in Vaccine Manufacturing.India:Advanced Biotech

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *