Pengertian sanitasi – Istilah sanitasi bagi sebagian orang mungkin terdengar seperti istilah yang memiliki makna yang sulit. Padahal penerapan sanitasi berlaku di seluruh lapisan dan kalangan masyarakat termasuk dimulai dari rumah Anda. Sanitasi secara umum mengarah pada kondisi kesehatan publik di mana kontak manusia dengan zat-zat yang mengandung bahan kimia atau sumber penyakit dibatasi. Maka dari itu di setiap rumah terdapat air bersih, sabun cuci tangan, toilet yang terhubung dengan saluran pembuangan, dan sebagainya. Lalu apa hubungannya sanitasi dengan dunia industri?

 

Pengertian sanitasi dalam dunia industry

Pengertian sanitasi dalam dunia industri berkaitan dengan proses-proses yang didesain untuk melindungi kesehatan dan keamanan pekerja dalam dunia lingkungan industri. Dalam prakteknya, sanitasi dalam dunia industri juga memiliki fungsi untuk melindungi produk-produk yang dihasilkan agar tidak terkontaminasi oleh bahan kimia maupun mikroba yang bisa muncul karena proses produksi.

Sanitasi juga memiliki fungsi untuk menjaga lingkungan sekitar industri aga tidak tercemar oleh limbah dan buangan sisa produksi. Masing-masing negara biasanya memiliki standar hukum sendiri mengenai sanitasi dalam lingkungan industri. Untuk Indonesia sendiri salah satu hukum yang mengatur mengenai standar sanitasi di lingkungan industri adalah Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 70 tahun 2016 tentang Standar Dan Persyaratan Kesehatan Lingkungan Industri.

 

Elemen penting dalam dunia industri

Setelah Anda paham tentang pengertian sanitasi, saatnya untuk mengetahui apa saja yang menjadi bagian dari sanitasi dalam lingkungan industri. Berikut adalah hal-hal yang  harus diperhatikan dalam menjaga tingkat sanitasi dalam sebuah industri tetap dalam kondisi yang baik:

 

Sanitasi dasar

Yang termasuk dalam sanitasi dasar dalam lingkungan industri adalah memastikan agar fasilitas produksi tetap dalam keadaan yang bersih dan terorganisir dengan baik sehingga menjadi lingkungan kerja yang nyaman dan aman untuk bekerja. Selain itu sistem ventilasi dan kebersihan umum juga harus dijaga dengan baik.

 

Kebersihan para pekerja

Pengertian sanitasi juga termasuk dalam kebersihan pekerja dalam menjaga agar fasilitas serta produk tidak terkontaminasi oleh mikroba yang terbawa pekerja dari luar. Kebersihan pekerja meliputi sarana toilet yang bersih lengkap dengan sabun cuci tangan dan tisu, tempat penyimpanan barang juga disediakan agar pekerja bisa menyimpan barang miliknya dengan lebih aman dan tidak mengganggu proses produksi. Pekerja industri juga harus mengenakan atribut atau pakaian khusus sesuai dengan standar aturan berlaku yang bisa melindungi pekerja maupun produk industri dari kontaminasi.

 

Mengatur pembuangan limbah

Manajemen pembuangan limbah juga termasuk dalam proses sanitasi industri. Pengolahan limbah bisa dilakukan sendiri dengan berbagai macam proses dalam lingkungan yang aman, atau bisa juga diberikan kepada perusahaan manajemen limbah yang secara khusus mengelola berbagai macam kandungan yang ada pada limbah seperti bahan kimia berbahaya, radioaktif, dan sebagainya.

 

Menjaga tingkat sanitasi fasilitas

Pengertian sanitasi dalam dunia industri juga mencakup pada proses pembersihan fasilitas dengan metode khusus untuk memastikan tingkat mikroba dalam fasilitas atau ruangan tertentu tidak melebihi batas keamanan. Salah satu metode yang bisa digunakan industri untuk menjaga sanitasi adalah dengan fogging.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *