Fogging mungkin adalah istilah yang sering dipakai dalam pemberantasan nyamuk demam berdarah dengan nama pengasapan dan sejenisnya. Sejatinya, fogging memiliki makna yang lebih luas. Istilah fogging juga mirip dengan fumigasi, room disinfection yaitu pengaplikasian zat kimia yang dibuat di jadikan bentuk uap untuk mengendalikan mikroorganisme yang ada di udara. Jadi pengertian dari hydrogen peroxide fogging adalah pengendalian mikroorganisme dengan menggunakan zat kimia hydrogen peroxide (hidrogen peroksida) yang diuapkan.

 

Mengapa Hydrogen Peroxide Fogging?

Hydrogen peroxide merupakan cairan bening larut air, termasuk ke dalam oksidator kuat serta memiliki aroma atau bau yang khas. Sifat oksidatif hydrogen peroxide ini yang membuat larutan ini dapat membunuh mikroorganisme bahkan spora. Keunggulan senyawa ini dibandingkan dengan senyawa oksidator lain adalah tidak meninggalkan residu (zat sisa) berbahaya karena akan terurai menjadi O2 dan H2O. Pula tingkat kekuatan oksidatornya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan mengatur konsentrasinya. Dengan penggunaan yang tepat dan mengikuti cara yang aman larutan H2O2 dapat digunakan sebagai bahan fogging untuk disinfeksi di industri farmasi, makanan dan minuman.

 

Manfaat Hydrogen Peroxide Fogging

Dalam konsentrasi rendah Hydrogen peroxide fogging bisa dimanfaatkan sebagai antiseptic. Salah satunya peternak dapat menggunakannya untuk membersikan luka hewan atau pengendalian penyakit. Dalam industri farmasi dan kesehatan H2O2 dimanfaatkan untuk membersihkan barang atau peralatan dari kuman dengan cara mengelap ataupun merendamnya.

Fogging H2O2 di suatu ruangan akan memberikan manfaat disinfeksi udara maupun permukaan dari mikroorganisme. Jika hendak mentargetkan disinfeksi permukaan maka sebaiknya permukaan harus dibersihkan terlebih dahulu agar penetrasi H2O2 bisa maksimal menyerang target mikroorganisme di permukaan. Fogging H2O2 dilakukan dengan menjenuhkan suatu ruangan dengan uap H2O2 hingga memenuhi konsentrasi yang dapat membunuh target mikroorganisme.

 

Baskuma Pro dari Kleen Optima juga menyediakan layanan fumigasi / fogging dengan hidrogen peroksida dan telah membuktikannya dengan mengukur daya bunuhnya terhadap mikroorganisme. Fogging hidrogen peroksida tepat digunakan untuk fasilitas cleanroom di pabrik dan bangunan dengan AC sentral untuk pencegahan kontaminasi mikroorganisme maupun penyakit. Untuk permintaan jasa fumigasi, Anda dapat langsung menghubungi 021 7588 0191 dan berbicara dengan konsultan kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *