ciri-ciri rumah sehat

Pandemi membuat ciri-ciri rumah sehat harus terpenuhi secara optimal. Apalagi Anda semakin sering untuk menjalankan aktivitas di dalam rumah demi terhindar dari penyebaran virus berbahaya. Bagaimana ciri-ciri rumah sehat di tengah pandemi seperti sekarang ini?

1. Sirkulasi Udara yang Baik

Ciri-ciri rumah sehat yang pertama adalah memiliki sirkulasi udara yang baik. Tidak dapat disangkal bahwa saat ini cukup banyak rumah yang tidak memperhatikan sirkulasi udara. Terkadang terlalu tertutup dan hanya mendapatkan udara segar dari pintu depan saja. Oleh karena itu, pastikan bahwa rumah Anda harus memiliki sirkulasi yang baik. Buka semua jendela sejak pagi hari sehingga ada pergantian udara yang maksimal. Ada pula yang menggunakan bantuan blower untuk memperbaiki sirkulasi udara. Hal ini sangat bagus untuk kesehatan paru-paru Anda dan keluarga juga.

2. Pencahayaan Alami yang Maksimal

Cahaya matahari adalah berkat Tuhan untuk kita selain memberikan sinar UV pula sinar matahari mengaktivasi vitamin D yang bagus untuk menjaga kekuatan imun tubuh, khususnya di tengah pandemi seperti sekarang ini. Jadi, pastikan bahwa pencahayaan di rumah Anda bisa terjadi secara maksimal. Khususnya pada bagian teras. Setiap pagi, Anda dan keluarga menjadi lebih mudah untuk berjemur agar mendapatkan cahaya sehat alami dari cahaya matahari.

3. Pembuangan Sampah Harus Baik

Kemudian Anda harus memastikan bahwa pembuangan sampah di rumah sudah berjalan dengan baik. Taruh tempat sampah di dapur Anda dan di sudut ruangan lainnya. Jadi semakin mudah untuk membuang sampah. Kemudian, setiap malam, buang plastik berisi sampah ke luar rumah agar besok pagi dapat diangkut oleh tukang sampah setempat. Dengan melakukan ini secara berkala, rumah Anda pasti terjaga kebersihan.

4. Memiliki Banyak Tanaman dan Pepohonan

Apakah di rumah Anda kurang banyak tanaman dan pepohonan? Kalau memang kondisinya seperti itu, sebaiknya mulai beli beberapa tanaman di dalam pot untuk ditaruh di teras. Tanaman ini sangat baik untuk menurunkan suhu udara hingga terasa sejuk. Lingkungan rumah pun semakin sehat dan asri. Namun, kalau memang sudah banyak tanaman dan pepohonan di sekitar rumah, Anda tinggal menikmatinya saja agar menjadi lebih sehat.

5. Tersedianya Air Bersih

Air bersih dan jernih menjadi salah satu ciri-ciri rumah sehat. Pastikan bahwa rumah Anda memiliki air bersih untuk mandi dan melakukan aktivitas lainnya, seperti mencuci baju dan piring. Kebersihan fisik Anda akan semakin terjaga dengan tersedianya air bersih secara konsisten.

6. Terhindar dari Jamur dan Binatang Penular Penyakit

Coba cek beberapa sudut rumah, khususnya kamar mandi. Apakah ada jamur dan binatang, seperti tikus, kecoa, kelabang, nyamuk, hingga lalat? Hati-hati, mereka bisa menjadi agen pembawa/penular penyakit dan harus segera Anda kendalikan. Untuk mencegah munculnya jamur usahakan ruangan atau permukaan tidak lembab dalam waktu yang lama dan cegahlah binatang2 itu masuk. Jagalah kebersihan rumah dengan dibersihkan secara rutin tiap hari dan gunakan cairan disinfektan.

7. Adanya Ruang Terbuka

Ruang terbuka di rumah itu sangatlah penting. Khususnya yang langsung terkena sinar matahari. Contohnya adalah teras atau taman belakang. Jadi, Anda dan keluarga dapat berjemur dan menghirup udara segar dengan lebih mudah. Sirkulasi udara juga semakin baik pula.

8. Melakukan Sterilisasi Ruangan

Ciri-ciri rumah sehat yang terakhir adalah melakukan sterilisasi ruangan. Anda bisa melakukan sterilisasi setiap ruangan di rumah dengan menyemprotkan cairan disinfektan seperti Hidrogen Peroksida dari Baskuma. Cairan ini mampu untuk mematikan mikroorganisme di permukaan setiap benda, tidak meninggalkan bau, serta tak akan berbekas juga. Setiap ruangan di rumah akan terjaga kebersihannya dari bakteri dan virus secara optimal. Oleh karena itu, yuk manfaatkan Hidrogen Peroksida dari Baskuma
sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *