Mengapa Bakteri Legionella Bisa Muncul Di Ruangan Kantor

Tinggal di negara beriklim tropis di Indonesia membuat budaya pemakaian AC menjadi suatu hal yang lumrah. Dengan kondisi cuaca yang panas dari siang hingga malam hari, membuat pemakaian AC sangatlah diperlukan agar para penghuninya bisa merasakan udara yang adem, cenderung dingin saat berada di dalamnya.

Pemakaian AC di Indonesia cukup banyak dilakukan di berbagai macam aspek, seperti rumah, mal, hingga perkantoran. Masing-masing tempat menyediakan AC agar para penghuninya bisa nyaman beraktivitas. Khusus untuk perkantoran sendiri, AC merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang ada di dalam satu ruangan, hingga kurangnya sistem ventilasi alami yang terpasang di sana. Dengan kondisi ini, mau tidak mau pemakaian AC sangatlah penting.

Di dalam pemakaian AC, tetap harus ada pembersihan AC secara berkala agar bisa mendapatkan AC yang tetap dingin sepanjang hari. Namun sayangnya, AC di perkantoran terkadang lupa untuk dibersihkan oleh pengelolanya. Padahal tidak hanya menyebabkan AC kurang dingin saja. AC yang terlalu lama tidak dibersihkan bisa membawa berbagai macam bakteri dan penyakit. Salah satu bakteri yang bisa menyerang dengan mudah adalah bakteri legionella.

Bakteri Legionella

Bakteri legionella mungkin terdengar asing di telinga, tapi pada dasarnya, bakteri bisa ada di sekitar Anda saat sedang beraktivitas, khususnya ketika beraktivitas di kantor dengan AC yang terus menyala sepanjang hari. Bakteri legionella merupakan bakteri yang bisa menyerang tubuh lewat AC yang sudah lama tidak dibersihkan.

Penyakit yang menyerang karena terjangkit bakteri legionella disebut sebagai legionnaire, yang memiliki nama lain yaitu pontiac fever. Penyakit legionnaire akan menyerang bagian pernapasan di dalam tubuh Anda dan memiliki kategori sebagai penyakit pneumonia yang berat dan terhitung parah. Jika sudah terserang penyakit ini, maka efek selanjutnya adalah demam pontiac.

Bakteri legionella yang menyerang tubuh Anda akan masuk ke dalam saluran pernapasan. Kemudian saluran pernapasan Anda akan terkena infeksi yang cukup berbahaya. Selain itu, bahaya lain dari bakteri legionella adalah penyakit tambahan yang bisa muncul, seperti demam, batuk ringan, dan pneumonia.

Mudah Muncul di Ruangan Kantor

Seperti yang sudah disinggung di atas, bakteri legionella mudah untuk muncul di ruangan kantor. Hal ini terjadi karena bakteri legionella mudah untuk berkembang di AC yang sangat jarang dibersihkan. Ternyata sudah banyak penelitian yang saat ini dipublikasi berkenaan dengan dampak bakteri legionella di ruangan kantor.

Keberadaan bakteri legionella di ruangan kantor memang tidak disadari dan ternyata banyak hal merugikan kita bahkan berbahaya. Ketika berada di ruangan kantor sepanjang hari dengan AC yang dingin, sebagian besar orang mungkin berpikir kalau penyakit sakit tenggorokan yang muncul merupakan penyakit yang terhitung wajar.

Penelitian yang ada terkait dampak bakteri legionella di ruangan kantor tersebut ternyata menghasilkan suatu kesimpulan, yaitu para pegawai kantor tersebut terserang penyakit yang disebabkan bakteri legionella karena AC di ruangan kantor tersebut sangat jarang dibersihkan.

Dengan kasus ini, Anda sebaiknya melakukan pembersihan AC secara berkala, sebaiknya dua hingga tiga bulan sekali, agar tidak ada bakteri legionella yang tumbuh di sistem AC tersebut. Namun membersihkan saja tidak cukup tanpa dilengkapi dengan disinfeksi ruangan .  Disinfeksi ruangan akan memutus rantai pertumbuhan bakteri Legionella dengan cara membunuhnya.

Merawat lingkungan kerja yang sehat akan tetap menjaga karyawan tetap sehat dan produktif.

Anda ingin memiliki ruangan yang lebih steril lagi demi menghindari bakteri legionella?
https://baskumapro.kleenoptima.com/ menawarkan BasKumaTM Pro alat disinfeksi “airborne” yang dirancang secara khusus dan sudah terbukti efektif untuk aktivitas sterilisasi ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *