(image : google)

Pandemi ini belum berakhir dan jumlah kasus penderita covid-19 masih terus bertambah setiap hari. Dan yang perlu diingat, meskipun kita telah melakukan langkah-langkah pencegahan  semaksimal mungkin, tetap tidak menutup kemungkinan bahwa kita tetap bisa terjangkit virus covid-19. Virus ini pun menyerang tanpa pandang bulu, tua muda pria wanita, semuanya tetap ada kemungkinan akan terjangkit virus ini.

Dinyatakan positif setelah tes PCR memang hal yang berat untuk diterima. Tetapi, terjangkit positif Covid-19 bukanlah akhir dari segalanya. Bahkan, kemungkinan untuk sembuh dari Covid-19 sangatlah besar. Untuk itu, kita harus tahu dan mengerti Langkah Langkah apa yang harus kita lakukan jika kita terdiagnosa positif Covid-19.

 

  1. Isolasi Mandiri di Rumah

(image : google)

Jika kita terdiagnosa Covid-19 dan bisa dikategorikan memiliki gejala yang tidak berat bahkan lebih ke tidak ada gejala, kita dapat pulih tanpa harus menerima perawatan medis yang besar asalkan kita tetap berada di rumah. Tetap hindari tempat umum dan sebisa mungkin kurangi interaksi dengan orang orang tersayang (termasuk keluarga). Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan kamar mandi yang terpisah dengan orang rumah. Dan, apabila memang ada kondisi dimana kita harus keluar dari kamar, usahakan selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan orang-orang sekitar.

 

  1. Menjaga Kesehatan Diri Sendiri

(image : google)

Bila kita terdiagnosa positif Covid-19, usahakan untuk perbanyak istirahat dan terhidrasi. Selain itu, mengkonsumsi vitamin yang dijual bebas juga dapat memperkuat imunitas dan mempercepat penyembuhan kita. Ada baiknya juga konsultasi dengan dokter untuk menanyakan obat obat apa yang sebaiknya dikonsumsi dalam masa isolasi ini. Bila takut untuk datang langsung ke rumah sakit, kita bisa menggunakan aplikasi halodoc untuk melakukan konsultasi dengan dokter.

 

  1. Memberi Tahu Orang Terdekat dan Memantau Gejala yang Muncul 

Setelah terdiagnosa positif, ada baiknya untuk memberi tahu orang orang terdekat. Hal ini bertujuan supaya orang orang terdekat apalagi yang mungkin kemariinya habis bertemu, bisa melakukan tes antigen/PCR juga supaya tidak memperlebar penularan Covid-19.

 

Selama masa isolasi juga kita harus memantau gejala apa yang muncul tiap harinya. Karena ada kemungkinan gejala-gejala tersebut tidak langsung muncul ketika kita terdiagnosa positif. Jika ada gejala gejala baru yang muncul, segera hubungi dokter.

 

  1. Lakukan Sterilisasi Ruangan


Setelah proses isolasi mandiri selesai, sebaiknya kita melakukan proses sterilisasi ruangan untuk membunuh virus-virus yang kemungkinan masih bersemayam di tempat kita isolasi. Kita bisa menggunakan jasa KleenArmy untuk melakukan sterilisasi ruangan dan dipastikan virus-virus yang tertinggal akan hilang.

Penulis : Enrico Immanuel, Alvin Janugraha (2022)

2 Replies to “LANGKAH-LANGKAH YANG HARUS DIPERHATIKAN APABILA KITA TERKONFIRMASI POSITIF COVID-19”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *