Hydrogen Peroxide murni adalah cairan kimia berwarna biru sangat pucat   (jernih) bila berada dalam bentuk konsentrat murni, terlihat tidak berwarna dalam larutan encer.  Namun berhati-hatilah karena ,  termasuk senyawa oksidator.  Hydrogen Peroxide (H2O2) telah ditemukan sejak tahun 1818 oleh Louis Jacques Thenard.

H2O2 menggunakan teknologi Auto Oksidasi Anthraquinone dalam pembuatannya, senyawa ini memiliki ciri khas mudah larut di dalam air.  H2O2 akan terurai menjadi air (H2O) dan oksigen (O2) di lingkungan apabila terkena sinar matahari (UV), berinteraksi dengan enzim katalase atau mengenai permukaan.

Apa Saja Manfaat Hydrogen Peroxide

Hydrogen Peroxide sendiri memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan sehari-hari. Adapun manfaat Hydrogen Peroxide adalah sebagai berikut :

1. Bahan Pemutih (Bleaching agent)

Contoh penggunaan H2O2 dalam kehidupan sehari hari adalah untuk memucatkan rambut umum digunakan dalam formulasi pewarnaan rambut.

2. Membersihkan Talenan Kayu

Kita sering menjumpai talenan kayu yang biasanya berwana hitam, bisa menandakan penuh dengan bakteri. Untuk membersihkannya, ternyata Anda cukup menggunkan campuran cuka apel dan larutan Hydrogen Peroxide saja.

3. Membersihkan Sayuran

Untuk membersihkan sayuran, Anda bisa menyemprotkan larutan H2O2 dengan konsentrasi rendah lalu biarkan meresap hingga 5 menit, setelah itu cuci lalu tiriskan.

4. Pembersih Noda Lantai, Dapur, Kamar Mandi

Formulasi bahan pembersih untuk rumah tangga ada yang menggunakan Hydrogen Peroxide untuk menambah efek membersihkan noda, selain juga meningkatkan daya bunuh untuk bakteri merugikan.

5. Pembunuh Kuman

Manfaat lain dari Hydrogen Peroxide adalah terbukti untuk pembunuh kuman. Larutan H2O2 bisa digunakan juga untuk membersihkan bagian permukaan meja sampai bersih dan terbebas dari kuman. Cara sederhana menggunakannya  semprotkan/usapkan larutan H2O2 ke permukaan meja lalu biarkan sesaat, kemudian seka menggunakan lap untuk membersihkannya sisa residunya.  Dalam beberapa aplikasi H2O2 digunakan untuk sterilisasi peralatan di industri rumah sakit, makanan minuman dan farmasi.

Setelah membahas tentang Hydrogen Peroxide, kita tentu tidak ragu lagi memanfaatkan larutan kimia Hydrogen Peroxide. Jika dikaitkan dengan kebersihan ruangan, kita tentu mendambakan tempat tinggal yang bersih, sehat dan nyaman, tak terkecuali untuk ruang kantor/industri hingga rumah sakit. Terutama bagi industri rumah sakit yang harus selalu terjaga kebersihannya, menggunakan H2O2 dengan benar dapat membantu mencegah penyebaran penyakit.

Menggunakan H2O2 pada aplikasi tertentu akan memerlukan tenaga yang terlatih dan memiliki keahlian di bidangnya mengingat bahan ini dalam konsentrasi tertentu tergolong berbahaya.  Karena itu, kami Baskuma menawarkan BasKumaTM Pro sebagai sarana pengendalian kuman di industri-industri, rumah sakit maupun ruang2 publik seperti kantor maupun sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *