Pembersihan dan pemeliharaan pabrik menjadi suatu yang harus dilakukan secara rutin. Namun faktanya umumnya kegiatan pembersihan dan pemeliharaan pabrik ini seringkali luput dari perhatian karena disebabkan oleh beberapa dalam kondisi tertentu seperti pada masa liburan.

Pabrik yang disterilkan dengan teratur tentu akan berpengaruh terhadap tingkat sanitasi. Hal ini menjadi serius, terutama untuk industri farmasi. Dalam kondisi serius, penggunaan ruangan yang tidak layak huni juga dapat berdampak pada penurunan kesehatan dari para penghuninya. Sebagai bentuk pelestarian pabrik dan perabotan yang ada didalamnya serta sebagai upaya untuk melindungi para penghuninya dari gangguan kesehatan perlu dilakukan fumigasi ruangan khususnya pasca liburan.

Pelaksanaan fumigasi harus dilaksanakan sesuai dengan standard dan ketentuan yang berlaku, untuk memperkecil tingkat mikroba yang dapat mempengaruhi tingkat sanitasi produk. Sebagai referensi bagi Anda yang akan melakukan fumigasi setelah liburan berikut ini adalah beberapa hal praktis yang harus dipersiapkan.

 

Mempersiapkan Ruangan Fumigasi

Fumigasi sebaiknya dilakukan secara menyeluruh. Sebelum itu pastikan terlebih dahulu ruangan yang akan dilakukan fumigasi dalam keadaan steril dari kegiatan penghuninya, jika diperlukan berikan tanda peringatan untuk tidak mendekati ruangan yang sedang difumigasi.

 

Pilih Jenis Fumigasi yang Tepat

Fumigasi menjadi cara yang tepat untuk membunuh serangga ataupun jamur dengan lebih maksimal.  Adapun serangga dan jamur sendiri seringkali menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan dan bahkan beberapa diantaranya sangat berbahaya bagi manusia. Kegiatan ini juga dibutuhkan sebagai bentuk pelestarian dimana usia pakainya pun secara otomatis akan lebih panjang. Ada banyak jenis fumigasi yang beredar dimasyarakat dimana salah satunya yang cukup banyak direkomendasikan adalah fumigasi dengan tehnik dry fog.

Fumigasi dengan Dry Fog System dapat menjadi solusi yang tepat untuk membersikan ruangan secara maksimal. Selain mudah dalam pengaplikasiaannya, penggunaan teknologi tinggi membuat proses penyerangan target mikroba menjadi lebih efektif. Bukan hanya itu saja dengan menggunakan kabut kering membuat proses fumigasi menjadi lebih cepat dan juga aman bagi material. Sistem fumigasi dioperasikan dengan aman dan telah divalidasi hingga memenuhi kriteria cGMP. Kemampuannya yang dapat meningkatkan dan mempertahankan sterilitas tetap dalam tingkat tinggi membuat jenis fumigasi ini direkomendasikan untuk industri farmasi.

 

Mempersiapkan Peralatan Keselamatan Kerja

Sangat penting untuk memakai peralatan keselamatan kerja selama melakukan fumigasi, tujuannya adalah untuk meminimalisir efek buruk yang mungkin ditimbulkan dari kegiatan ini. Adapun jenis peralatan yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis fumigannya dan tentu saja sesuai dengan standar peralatan keselamatan kerja yang dianjurkan seperti pakaian kerja, sepatu boot, masker gas, sarung tangan, tutup kepala, kacamata pelindung dan sebagainya.

Itulah hal-hal praktis yang disiapkan untuk fumigasi pasca liburansemoga dapat bermanfaat. Seperti yang kita ketahui bahwa melakukan fumigasi tanpa persiapan yang matang khususnya dari segi peralatan akan menyebabkan pelaksanan dan hasilnya menjadi kurang maksimal, persiapan dibutuhkan untuk mendukung terlaksananya kegiatan ini dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *