Menjelang masa liburan, bangunan di pabrik atau ruang-ruang perusahaan besar mesti mendapatkan perawatan yang tepat. Kita sedang tak bicara soal pembersihan rutin yang dipahami dengan cara menyapu, mengepel, atau tata kelola secara konvensional lainnya. Ada risiko yang sangat mengancam dari sebuah tempat atau fasilitas yang ditinggalkan dalam waktu lama yaitu bakteri atau mikroorganisme yang menyebabkan kerusakan produk atau penyakit. Risiko ini meningkat dengan dimatikannya system tata udara (HVAC)

Dalam kondisi yang wajar saja, misalnya ditempati oleh orang yang beraktivitas, risiko mikoorganime itu selalu ada meski dibersihkan secara teratur. Malahan bisa lebih besar karena persinggungan dengan tubuh manusia yang juga mengandung unsur-unsur mikroorganisme. Solusinya ialah dengan melakukan sterilisasi cleanroom atau fogging. Namun bukan fogging yang pada umumnya kita pahami untuk memberantas nyamuk namun sebuah metode khusus yang bertujuan meminimalisir sekecil mungkin risiko mikroorganisme yang bersarang di sebuah ruangan luas.

 

Fumigasi / Disinfeksi Ruangan

Metode inilah yang disebut sebagai fumigasi atau disinfektan ruangan. Metode ini menggunakan alat yang mampu menghasilkan atau mengubah disinfektan cair menjadi butiran partikel terkecil di dalam sebuah ruangan dan membentuk kabut. Gunanya memberantas semua bakteri atau mikroorganisme yang bisa saja berada di sudut-sudut ruangan, perlengkapan, perabotan, dan apa pun yang mustahil dilihat dengan mata telanjang manusia. Dengan metode ini proses santiasi di sebuah ruangan khususnya pabrik akan terjamin.

 

Anggaran Bisa Diakali

Sayangnya masih cukup banyak pabrik atau perusahaan besar yang kurang memprioritaskan masalah sanitasi dengan metode ini. Persoalan muncul karena persepsi mengenai biaya yang dibutuhkan untuk metode ini sangat besar. Namun apakah benar bahwa metode ini butuh biaya besar karena harus menggunakan instalasi yang rumit?

Faktanya tidaklah demikian. Memilih mesin dry fogging yang efisien dan efektif untuk sebuah ruang pabrik industri perlu dipertimbangkan agar kapasitasnya dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan. Memilih bahan disinfektan yang aman juga perlu dipertimbangkan untuk menekan biaya paska disinfeksi.

Menggunakan jasa disinfeksi bisa dipertimbangkan sebagai solusi mengingat disinfeksi ruangan seperti ini umumnya tidak dilakukan tiap hari. Disinfektan hydrogen peroxide dapat dipilih sebagai bahan disinfektan yang aman, mengingat bahan ini akan terurai menjadi air dan oksigen. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menggunakannya secara aman. Pelaksana jasa fumigasi tentu akan bekerja secara aman sesuai dengan prosedur yang telah disepakati. Cara ini sudah biasa digunakan oleh industri yang mengutamakan hygiene demi mengoptimalkan sanitasi ruangan.

 

Manfaat Terbaik Fumigasi

Ruangan yang minim dari mikroorganisme berarti akan menghindarkan dari berbagai risiko kerusakan produk bahkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri virus. Kondisi ruangan yang dibiarkan terlalu lama tanpa ada perawatan dan pembersihan total melalui metode ini akan sangat berisiko. Dengan kata lain, fumigasi akan mengoptimalkan sanitasi dan higienitas ruangan khususnya di masa-masa tidak sedang dalam masa operasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *