Industri farmasi dan industri kesehatan adalah dua industri yang sangat menomorsatukau sanitasi dan higienis. Karena sangat mudah sekali terjadi kontaminasi pada bahan-bahan kimia yang digunakan sebagai bahan apabila kebersihan dan kesterilan lingkungan industri tidak dijaga. Cara untuk menjaga lingkungan industri tetap steril adalah dengan melakukan fogging secara periodik. Fogging yang dilakukan untuk industri farmasi dan kesehatan menggunakan teknik dry fog yaitu menyemprotkan cairan ke ruangan yang akan disteril dan mengubahnya menjadi gas sehingga cairan pembersih tidak membasahi material yang ada di dalam permukaan tersebut.

Hidrogen peroksida sebagai cairan pembersih

Cairan pembersih yang biasa digunakan untuk fogging berbahan hidrogen peroksida yang merupakan bahan kimia oksidator. Bahan ini tidak hanya digunakan untuk kebutuhan sterilisasi industri tetapi juga bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk pembersih atau pemutih pakaian. Membersihkan luka, obat jerawat, membuat tanaman lebih hijau, dan sebagainya.

Sifat dari hidrogen peroksida ini adalah warnanya yang bening cenderung biru, seperti air. Sifatnya asam dengan pH sedikit lebih rendah dari angka 7. Ia mudah larut dengan air dan bersifat stabil alias tidak mudah terdekomposisi. Sebagai zat oksidator, hidrogen peroksida bisa mengubah komponen kimia pada berbagai zat, karena itu banyak digunakan sebagai pemutih misalnya untuk pemutih baju atau untuk pemutih kertas. Ia juga merupakan oksidator yang sangat reaktif sehingga cocok digunakan sebagai bahan desinfektan pada dunia industri farmasi dan kesehatan.

Kelebihan hidrogen peroksida sebagai cairan dry fog

Hidrogen peroksida banyak dimanfaatkan dalam dunia industri farmasi, kesehatan, dan juga industri lainnya karena memiliki kelebihan yang menguntungkan sebagai zat pembersih. Kelebihannya adalah ia tidak meninggalkan residu yang berbahaya bagi lingkungan karena dibuat dari oksigen dan juga hidrogen yang sangat mudah terurai di udara bebas. Dengan tidak adanya resiko kontaminasi, tentu melakukan proses sterilisasi pada lingkungan industri jadi lebih aman, terutama jika terpaksa ada bahan material yang tidak bisa dikeluarkan dari ruangan yang hendak disterilkan.

Hidrogen peroksida yang digunakan sebagai zat pembersih atau desinfektan bereaksi sangat cepat dalam membunuh bakteri-bakteri dan juga kuman yang berada dalam lingkungan tertentu. Maka dari itu menggunakan cairan untuk dry fog rutin bisa dilakukan dalam waktu yang cukup singkat dan tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk mikroba-mikroba mati sehingga mengurangi resiko kontaminasi bahan material.

Selain digunakan untuk sarana dry fog dalam dunia industri, hidrogen peroksida juga digunakan untuk membersihkan sisa air limbah hasil produksi. Ia bisa membersihkan limbah dari bahan-bahan yang berbahaya misalnya seperti Hidrogen Sulfida (H2S), Phenilics, Cyanides dan komponen kimia lainnya yang terdapat pada limbah industri. Sampai saat ini hidrogen peroksida masih digunakan sebagai bahan utama untuk melakukan sterilisasi pada dunia industri terutama untuk farmasi dan juga fasilitas kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *