Laboratorium BSL adalah laboratorium yang didesain dengan level atau tingkat keamanan tertentu yang diperlukan untuk penanganan agen biologi. Penanganan sampel patogen biasanya dikerjakan di laboratorium BSL-2 hingga BSL-3 dengan desain ruangan dan sistem tata udara khusus (ruangan bertekanan negatif dilengkapi filter HEPA) untuk menghindari kebocoran dari agen biologi yang dikerjakan.

Dengan spesifikasi ruangan dan tingkat keamanan yang tinggi maka lab. BSL-2 dan BSL-3 memerlukan prosedur dekontaminasi yang valid dan efektif untuk setiap kegiatan perawatan ruangan maupun kondisi dimana dekontaminasi atau sterilisasi ruangan diperlukan.

Pemilik fasilitas laboratorium BSL perlu memastikan bahwa prosedur dekontaminasi yang digunakan memiliki data efikasi terhadap spora. Agen kimia yang digunakan dalam dekontaminasi harus memiliki aktivitas sporicidal yang merupakan aktifitas biocidal paling kuat namun tidak memiliki efek karsinogenik pada petugas lab.

“Kleen Army” di PT. Galih Cipta Wisesa menyediakan peralatan dan disinfektan untuk dekontaminasi area BSL, beserta operator lapangan yang mampu membantu klien-klien kami jika mereka tidak memiliki operator khusus untuk kerja dekontaminasi. Seluruh operator lapangan kami, dilengkapi dengan peralatan kerja yang memadai, beserta peralatan safety yang lengkap serta telah terlatih dengan baik.

Kami juga berpengalaman dalam mengerjakan jasa disinfeksi dan validasinya di berbagai fasilitas cleanroom industri farmasi maupun food & beverages, dan memiliki teknikal yang dapat mendampingi klien dalam melakukan kualifikasi ruangan clean room, mulai dari area Grade D, C, B hingga grade A.

Penulis: Yonatan Banoet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *