Bagi Anda yang berkecimpung di dunia industri, baik farmasi, pangan, atau bahkan rumah sakit, tentu tidak asing dengan mesin dry fog fumigator. Mesin ini sangat bermanfaat dalam sanitasi ruangan agar terhindar dari berbagai kontaminan yang masuk, seperti bakteri, kuman, dan mikrobiologi lainnya. Seperti diketahui, untuk melengkapi sanitasi/kebersihan ruangan, ada dua metode sanitasi, yaitu wet frog dan dry fog. Namun, pada umumnya, masyarakat lebih senang menggunakan metode dry frog karena tidak menggunakan cairan secara langsung dalam proses pembersihan untuk mendapatkan hasil yang efektif serta menghindari untuk tidak akan merusak peralatan / mesin-mesin yang terdapat dalam ruangan.

Metode dry frog sendiri merupakan sebuah metode pembersihan ruangan yang dilakukan dengan cara pengasapan menggunakan gas yang berasal dari cairan hidrogen peroksida. Kandungan hidrogen peroksida pada gas inilah yang akan membunuh semua kontaminan yang ada dalam ruangan. Berikut ini beberapa keunggulan menggunakan metode dry frog fumigator untuk sebuah industri.

1. Mempunyai Jangkauan yang Luas

Dalam bentuk gas hidrogen peroksida, ukuran partikelnya lebih kecil dan beratnya juga lebih ringan dibandingkan pada saat masih dalam bentuk cairan. Oleh karena itu, begitu gas ini disemprotkan dalam sebuah ruangan, jangkauan yang dicapai partikel-pertikel tersebut pun akan lebih luas. Dengan begitu, kotoran maupun mikroorganisme yang biasanya bersembunyi di tempat-tempat tak terjangkau tetap bisa dijangkau dan dimusnahkan dengan mudah.

2. Tidak Meninggalkan Zat Sisa

Meskipun terbuat dari bahan kimia, namun gas hidrogen peroksida yang digunakan ini akan dengan mudah terurai hingga menjadi oksigen dan air yang tidak berbahaya bagi tubuh manusia maupun produk industri. Dengan kata lain, metode dry frog ini aman untuk digunakan dalam sanitasi ruangan karena tidak meninggalkan jejak kimiawi di tempat yang telah disemprotkan.

3. Lebih Cepat dalam Membunuh Mikroorganisme

Zat hidrogen peroksida merupakan salah satu bahan kimia yang mempunyai efek sangat cepat dalam membunuh mikroorganisme. Begitu gas ini disemprotkan, maka seluruh mikroorganisme yang ada di dalam ruangan tersebut akan mati dengan cepat.

4. Lebih Hemat Tenaga dan Waktu

Seperti diuraikan sebelumnya, hanya dalam waktu singkat gas hidrogen peroksida akan mampu membunuh mikroorganisme yang ada dalam ruangan. Dengan kata lain, Anda lebih bisa hemat waktu untuk membuat ruangan menjadi steril. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu kerja dua kali dengan membersihkan ruangan yang basah akibat semprotan tadi. Sebab, dengan menggunakan metode ini, tidak akan ada sisa yang tertinggal. Semua akan dengan mudah menguap.

Untuk mendapatkan informasi detail mengenai dry fog fumigator, Anda bisa menghubungi tim Baskuma Pro di (021) 7588 0191. Baskuma Pro menyediakan mesin dry fogger untuk menjaga ruangan dan fasilitas cleanroom Anda tetap steril.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *